Search This Blog

Thursday, January 10, 2013

Mutasi Motor dari Tangerang ke Jakarta Barat

Berikut adalah pengalaman pribadi proses mutasi sepeda motor Tiger 2000 tahun 2005 dari Tangerang/Balaraja ke jakarta barat,Samsat Balaraja;
A.Persiapan berkas yg harus di bawa:
1.Bpkb Asli dan photo copy
2.Stnk Asli dan photo copy
3.Ktp Asli dan photo copy
4.Kwitansi pembelian bermaterai 6000
5.Kendaraan yang akan di mutasi

B.Proses/Cabut berkas
1.Chek phisik kendaraan,lokasi di belakang Samsat&selanjutnya hasil cek phisik serahkan ke loket untuk di sahkan,sampai tahap ini masih gratis.
2.bawa berkas cek phisik dan semua berkas yang lain ke loket mutasi&serahkan ke petugas,tunggu panggilan.setelah di panggil bayar Rp 150.000 tanpa kwitansi dan mendapatkan tanda bukti pengambilan,lama proses +10hari.>>mnta surat jalan kendaraan bwt keamanan kendaraan.

4.Setelah 10 hari tlp ke samsat untuk memastikan apakah berkas sudah siap,setelah dapat lampu hijau segera ke Samsat dan serahkan bukti pengambilan ke petugas mutasi>tunggu panggilan,pengalaman pribadi 1,5jam baru di panggil.
6.setelah di panggil dan menerima berkas segera ke bagian Fischal dan membayar Rp 35.000 serta tunggakan pajak dan denda kl ada keterlambatan pajak.
7.bawa semua berkas ke Samsat Jkb,lgsung serahkan berkas ke loket penyerahan berkas cek phisik untuk melegalisir hasil cek phisik dr Samsat Balaraja,dan tunggu panggilan.kira2 kurang lebih setengah akan di panggil dan menerima berkas tersebut yang telah di legasir,selanjutnya photo copy berkas tsb antara lain kwitansi pembelian,ktp,dan lembar fiscal untuk nntinya di bawa ke Polda
8.Tahap selanjutnya bawa semua berkas ke lt.4,mnta formulir mutasi masuk,dan isi data2 yang dibutuhkan,setelah selesai serahkan semua berkas ke bagian pendaftaran mutasi kecuali Bpkb,fc berkas cek phisik,fc ktp dan lembar fiscal warna kuning u dibawa ke Polda.dan membayar sebesar Rp.50.000 dan merima bukti pengambilan,dmn pengambilan di suruh esok harinya.
9.Sehari setelahnya kembali ke Samsat dan ke lt.4,Segera serahkan tanda pengambilan tadi ke loket kemarin dan kita di suruh menunggu,kurang lebih satu jam kita akan di panggil dan mendapatkan notice pembayaran,segera ke loket pembayaran dan lunasi semua administrasi yg harus di bayar,saya sendiri membayar sebesar total 497.000 dan kita mendapatkan Stnk baru dengan nopol yg baru,selanjutnya ambil plat motor baru,dmn letaknya di belakang kantor samsat dekat dengan parkir motor.
9.selanjutnya kl msh ada waktu bawa berkas tersisa tsb di atas ke Polda untuk penggantian Bpkb atas nama kita dmn prosesnya kurang lebih dua minggu.selamat mencoba proses gampang dan gak ribet yang penting sabar.

1 comment:

IlmiFatma said...

terima kasih infonya
bagaimana mutasi motor dg baik
thanks ya

Post a Comment

silakan tinggalkan komentar anda