Search This Blog

Saturday, July 15, 2017

CARA CABUT BERKAS/MUTASI DARI SAMSAT CIKOKOL KE JKB

Persiapan;
1.Sepeda Motor yg akan dicabut berkas/mutasi
2.KTP asli dan photo copy
2.BPKB asli dan photo copy
3.STNK asli dan photo copy
4.Kwitansi pembelian bermaterai 6000 dan photo copy
5.Bolpoint
6.Dana/biaya
Untuk photo copy saya sarankan di lokasi aja,untuk memudahkan mana2 yg perlu dan tidak untuk diphoto copy serta berapa2nya,biaya fc.rp 5000an

Proses
1.Datang langsung ke Samsat Cikokol Kota Tangerang di Jl.Perintis Kemerdekaan
2.Cek phisik kendaraan,nomor rangka dan nomor mesin digesek2 gitu oleh petugas,serahkan berkas2 yg dibawa,lokasi chek phisik seberang Samsat/terpisah jalan raya
3.Tunggu dan setelah dipanggil menerima smua berkas dan hasil gesekan,serahkan hasil cek phisik/gesekan beserta semua berkas ke loket untuk di stempel/sahkan dan tunggu panggilan
4.Di panggil untuk menerima hasil cek phisik yg distempel dan berkas2  serta membayar biaya cek phisik 25-30rb an lalu jgn lupa photo copy berkas cek phisik tsb.
5.Menuju Samsat seberang jalan dan mulai proses,masuk dan minta formulir mutasi,lokasi ada sebelah kanan belakang pintu masuk.
6.Isi semua data2 yg diperlukan,bs lihat contoh yg disediakan,lalu serahkan kembali
7.Tunggu panggilan
8.Setelah dipanggil membayar biaya cabut berkas 250rb(bisa berbeda untuk tujuan mutasi ke daerah berbeda) menerima tanda pengambilan dan surat jalan sepeda motor,sementara surat2 dalam proses.proses antara 2-10 hari.

Pengambilan;
1.Datang ke Samsat sesuai waktu yg ditentukan
2.Serahkan tanda pengambilan ke loket,lokasi di luar sebelah pintu masuk
3.Setelah itu bawa semua berkas untuk mengurus fhiscal lokasi lt.2/naik satu tangga posisi paling ujung/mentok sebelah kanan.
4.Serahkan berkas untuk dicek dan tunggu panggipan
5.Setelah dipanggil bayar Fhiscal rp 50rb atau sebelum bayar fhiscal harus melunasi pajak2&denda apabila ada keterlambatan di loket yg berbeda..
6.Bawa semua berkas dan bawa ke ruang arsip untuk mengambil arsip2 kendaraan tsb yg tersimpan.lokasi persis dibawah ruang fhyscal/turun selantai.
7.Tunggu panggilan
8.Setelah dipanggil dan semua arsip dipastikan komplit diserahkan kembali ke kita u di bawa ke Samsat tujuan Mutasi ke Samsat JKB.
Total biaya cabut berkas
1.Chek phisik 30rb
2.photo copy 5rb
3.mutasi keluar 250rb
4.Fhyscal 50rb
5.Pajak 2 thun 355rb,Pajak 2 tahun( telat)
6.Administrasi Arsip 20rb
Total tanpa ada pajak telat 355rb dan penulis karna ada tunggakan pajak 2 thun jadi 710rb..Bersambung
sekilas info dan budayakan Urus Sendiri,gak seribet yang kita bayangkan,Sejauh ini di samsat Cikokol Tangerang Kota,Alhamdulillah tidak bertemu calo satu pun.sekian dan terima kasih..

No comments:

Post a Comment

silakan tinggalkan komentar anda